0

Tuduh Suara Hilang, Caleg Disumpah Pocong

- Rekapitulasi suara untuk DPRD Jember menyisakan cerita unik. Caleg dari daerah pemilihan I nomor urut 4 dari Partai Golkar yakni Rizal Abdilah gusar karena tidak mendapatkan kursi dewan. Rizal Abdilah yang juga anak pimpinan DPRD Jember Machmud Sardjujono ini disumpah pocong bersamaan pengaduan perolehan suaranya yang diduga hilang tanpa sebab.
Sumpah pocong itu dilakukan di Sekretariat Relawan Jaringan Pemilih Rasional (Japer) Jember di Jalan Gajah Mada.
"Suara saya di beberapa TPS seperti salah satunya Kecamatan Panti hilang. Awalnya dapat suara 73, namun saat dihitung di KPUD menjadi 6 suara saja," ujar Rizal Abdilah, Rabu (22/4/2009).
Hilangnya suara Rizal Abdilah sebenarnya sudah diadukan ke Panwascam, Panwaskab hingga ke induk Partai Golkar. Namun tidak ada tindak lanjutnya. Sedangkan Sekretaris Japer Jember Kustiono Musri mengatakan, meski rekapitulasi suara di Jember sudah kelar, namun masih menyisakan persoalan.
"Hari ini, ada sekira lima pengaduan dari sejumlah daerah pemilihan yang intinya ada indikasi penggelembungan suara dan rekap yang tidak sesuai prosedur," kata Kustiono Musi.
Sejak pemilihan umum legislatif hingga pascarekapitulasi suara selesai, Japer Jember setidaknya menerima sekira 165 laporan pelanggaran didominasi pelanggaran daftar pemilih tetap. (mbs)

Rizal Abdilah Disumpah Pocong



Artikel terkait :


0 komentar:

Poskan Komentar