5

Sosialisasi Pemilu Indonesia 2009 Melalui Blog

- Jika Anda sudah membaca tulisan Saya sebelumnya mengenai maka perlu Anda ketahui bahwa selain memakai sarana perangko untuk sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan memanfaatkan sarana Teknologi informasi (TI). Untuk itu KPU sengaja meluncurkan layanan Blog bagi para Calon Legislatif (caleg). KPU memperuntukkan blog ini bagi para caleg untuk memaparkan visi misinya. Dengan demikian, KPU mengharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang cukup mengenai caleg pilihannya sekaligus menjadi pendidikan politik yang baik sehingga menjadi pemilih-pemilih yang cerdas.
Sosialisasi Pemilu Indonesia 2009 Melalui Blog
Melalui media blog ini, KPU berharap bisa terjadi dialog interaktif antara caleg dengan publik seputar yang rencananya akan digelar pada 9 April 2009. Calon legislator peserta mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk berkampanye di dunia maya. Mereka bisa mendapat blog secara gratis yang difasilitasi oleh Internasional Foundation for Electoral System (IFES).
“Komunitas pengguna blog sudah cukup banyak dan memiliki potensi untuk menyukseskan pemilu,” kata aktivis IFES, Riyo Gatra, pada acara peluncuran blog.
Dia menambahkan, caleg akan mendapat timbal baik positif, di mana mereka akan lebih dikenal masyarakat atas pemikiran dan sepak terjangnya. “Blog sudah lazim digunakan sebagai media penyampaian informas yang dapat digunakan untuk membentuk citra individu atau lembaga,” kata Riyo.
Khusus untuk sosialisasi KPU menerapkan tiga strategi pokok sosialisasi . Strategi itu antara lain :

  1. Pertama, komunikasi media, seperti tayangan iklan layanan masyarakat tentang Pemilu 2009 dibeberapa media massa, cetak maupun elektronik.

  2. Media promosi lainnya yang dibuat KPU antara lain, pamplet, spanduk, stiker, poster, dan lain-lain” KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota juga telah membuat publikasi yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa daerah,” ujar Abdul Hafiz Anshary, Ketua KPU.

  3. Kedua, komunikasi tatap muka dengan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang berbentuk bimbingan teknis, pertemuan dengan Menkominfo, dengan para pemilih pemula, pemilih perempuan, dan lainnya.

  4. Ketiga, mobilisasi sosial, KPU melaksanakan simulasi pemungutan suara di berbagai daerah, termasuk di Papua.
”Kami juga mengimbau kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk membuat spanduk mengenai tanggal berlangsungnya pemilu pada 9 April 2009,” ujar Hafiz.
”Publikasi parpol mempunyai tujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh masing-masing parpol,” kata Aziz.

Blog yang beralamat di http://calegku.info sebenarnya tidak berbeda jauh dengan fasilitas blog gratisan dari layanan seperti www.blogger.com ataupun www.wordpress.com. Hanya saja istimewanya blog ini resmi datang dari KPU, sehingga blog ini jelas dapat menjadi sarana interaktif antara caleg dan pendukungnya.

Untuk bisa bergabung dalam blog ini tidak susah, karena tidak berbeda jika Anda mendaftar padaBlogger ataupun Wordpress.

Hanya saja syarat utama untuk membuat blog adalah Anda harus terdaftar sebagai Calon Anggota Legislatif yang sudah disahkan oleh KPU. Untuk itu sebelum menggunakan blog Anda diharuskan registrasi data diri Anda terlebih dahulu. Persyaratan registrasi itu nantinya dikirimkan ke KPU, daapt melalui e-mail atau dikirim langsung melalui FAX ke KPU. Persyaratan registrasi data diri itu berupa :
  1. Cetakan email yang diterima setelah proses aktivasi.
  2. Fotokopi KTP (Kartu TAnda Penduduk)
  3. Fotokopi KTA (Kartu TAnda Anggota)

Jika semua tahapan telah Anda lalui dengan sukses maka aAnda akan mendapatkan alamat blog di : http://NAMA-BLOG.calegku.info

Alamat blog :
http://calegku.info/

Alamat untuk melakukan pendaftaran blog :
http://calegku.info/wp-signup.php


Tampilan halaman situs calegku.info

Calegku.info merupakan layanan blog berbasis Wordpress MU yang khusus digunakan bagi mereka para Calon Anggota Legislatif sebagai tempat mereka memaparkan visi dan misi serta berbagai kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan akan dilakukannya PEMILU pada tanggal 9 April 2009 mendatang. Diharapkan, Calegku.info bukan hanya dapat membantu proses sosialisasi PEMILU 2009, namun juga dapat memberikan pendidikan politik yang baik bagi pengguna internet dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Di samping itu, para Calon Anggota Legislatif pun akan mendapatkan timbal balik positif dimana mereka akan lebih dikenal oleh masyarakat atas pemikiran dan sepak terjangnya guna memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara.
Calegku.info





Artikel terkait :


5 komentar:

lovepassword mengatakan...

Sayangnya aku nggak bisa dapet blog gratis, bukan caleg soalnya. Kalau calon pesinden dapet blog gratis juga dari KPU nggak bos?

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

@lovepassword
Ya... ntar saya tanyakan sama pakde saya Pak SBY, dapet blog apa kagak... :D

Kampanye damai pemilu 2009 mengatakan...

wettt bos kliatannya optmasi abis nih kampanye damai pemilu..... sukses selalu masss

petrus wijayanto mengatakan...

komentar saya pada calegku.info

idenya bagus, tapi terlambat…sangat terlambat…

lagi pula.. banyak caleg sudah punya blog/website pribadi. bahkan sebelum menjadi caleg.
langsung mendaftar di wordpress lebih cepat… atau
mengelola blog sendiri (domain name sendiri), juga lebih bebas dari aturan2 seperti di sini.

mempromosikan diri via calegku.info , sama saja ikut mempromosikan caleg-caleg lain yang menjadi member di sini, dan ini secara ‘marketing’ tentu kurang bagus…

saya caleg di daerah, sudah beberapa tahun mengelola website, (jauh sebelum jadi caleg) dan berpendapat bahwa blog ini TIDAK AKAN EFEKTIF.

bagus idenya.. namun mungkin pertimbangannya kurang/tidak matang.

ada ribuan caleg DPR, puluhan ribu caleg DPRD, berapa ribu yang ingin dijangkau dengan calegku.info ini?
ada 1000 orang saja yang mendaftar disini … sudah malas membukanya…

Di masa ini, promosi caleg via internet TIDAK EFEKTIF, silakan buktikan dengan survey, jika kurang yakin… (kita bukan seperti Amerika Serikat yg masyarakatnya sudah ‘internet minded’). Masyarakat kita masih butuh tatap muka /mengenal langsung CALEGnya. Itupun kebanyakan masih menuntut diberi ini itu sebagai imbalan karena memilih.

SMS yang masuk ke hp saya, setelah seseorang membaca ‘iklan’ saya: kalau kami sekeluarga mencontreng anda, apa kontribusi anda bagi keluarga kami? jangan hanya propaganda saja

Atau website ini cuma digunakan sebagai “pelengkap” untuk sosialisasi Pemilu 2009, yang dapat dianggarkan dengan sejumlah uang?

ayuzuricha mengatakan...

yang terpenting bukan blognya, tapi aktivitas dan gerakan secara langsung yang diharapkan rakyat buat para pemimpinnya. Percuma caleg jago nulis kalo cuma omong doang, di dunia nyata tetep aja mikir duit dan duit, bukan malah mensejahterakan rakyat. tragis :(

Poskan Komentar