8

Solidaritas Perempuan Umumkan Daftar Caleg Berpoligami

- Solidaritas Perempuan Indonesia (SPI) akhirnya Jumat (27/03/2009) menepati janjinya untuk mengumumkan daftar Calon Legislatif (Caleg) yang melakukan praktek poligami (memiliki istri lebih dari satu) . Hal ini menepati janji mereka sehari sebelumnya Kamis (26/03/2009) untuk mengumumkan daftar caleg yang berpoligami.

Solidaritas Perempuan Umumkan Daftar Caleg Berpoligami
Faktor utama kenapa SPI mengumumkan daftar caleg poligami adalah untuk mengajak sesama perempuan untuk menolak memilih para caleg tersebut. Alasannya, kaum hawa menginginkan wakil rakyat yang memiliki perspektif perempuan.
"Kita prihatin, mereka tidak terang-terangan. Kalau mereka melakukan poligami harus diberitahukan kepada masyarakat. Sebagai masyarakat pemilih, kita ingin tidak mereka menyembunyikan track recordnya," jelas koordinator solidaritas perempuan Indonesia Yeni Rosa Damayanti.
”Sudah saatnya isu soal poligami para caleg ini dibawa ke meja politik,” tegas Koodinator SPI Yeni Rosa Damayanti.
Menurut aktivis perempuan dan pernah aktif di Solidamor (Solidaritas Indonesia untuk Timor Timur) poligami yang marak dilakukan beberapa petinggi dan caleg parpol itu bukan sekedar mendiskreditkan kaum perempuan semata. Tetapi juga bisa makin mendekatkan diri dengan perilaku korupsi.
”Poligami itu memperpendek jalan ke korupsi, sebab, setiap poligami selalu diawali dengan perselingkuhan dan pengkhianatan,”
Pemimpin dan caleg poligami tidak mungkin akan membela hak-hak perempuan. ”Keberadaan mereka justru menjadi teladan yang buruk bagi masyarakat,” tudingnya.
Karena itu, dia mengajak, agar masyarakat tidak memilih caleg yang melakukan dan mendukung poligami. Menurut dia dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad pun sebenarnya menolak adanya poligami. Kalaupun Nabi berpoligami, karena situasi pada saat itu sedang dilanda peperangan. Sehingga banyak janda-janda yang terlantar karena suaminya tewas dalam peperangan.
”Tapi fakta bahwa Nabi Muhammad yang pernah menolak anaknya Fatimah dipoligami, itu justru tidak banyak dijadikan acuan,”
Dalam acara yang berlangsung di Gedung YLBHI, Jl Diponegoro, Jakarta yang juga dihadiri sejumlah artis seperti Trie Utami, Ria Irawan, dan Nia Dinata SPI mengumumkan sejumlah nama politisi yang merupakan pelaku dan pendukung poligami.

Berikut Daftar Caleg Berpoligami versi Solidaritas Perempuan Indonesia:
  1. Akhmad Muqowam dari PPP (Ketua DPD PPP dan Ketua Komisi V), status pelaku poligami.

  2. Endin J Soefihara (caleg DPR RI Jabar no urut 1), status pendukung poligami karena pernyataannya di Kontan 1 Maret 2003, "masa poligami kekerasan, perempuan senang kok dijadikan istri kedua, hahaha..."

  3. H Syahrizal D dari FPPP (caleg DPR RI Dapil Riau I no 6 dan Ketua FPPP DPRD Riau), status pelaku poligami.

  4. Usamah Muhammad Al Hadar FPPP (anggota Komisi I DPR, caleg no 1 DPR RI dapil 2 Jatim) - Dalam sebuah pertemuan dengan Komnas Perempuan Usamah menyatakan, "poligami bukan hal yang negatif. Saya setuju poligami". Usamah menambahkan, jumlah wanita di Indonesia sekarang lebih banyak dari jumlah pria. "Kalau satu pria kawin satu, ada yang nggak kebagian."

  5. Dr H Daud Rasyid MA (caleg PKS untuk DPR RI dapil Sumut III no 2), status pendukung poligami karena menjadi pembicara utama dalam penganugerahan Poligami Awards di Hotel Aryaduta 24 Juli 2003.

  6. Didin Amaruddin (Wakil Bendahara Umum DPP PKS), status pelaku poligami.

  7. Tifatul Sembiring (Presiden PKS, caleg DPR RI dapil Sumut I), pelaku poligami.

  8. Anis Matta (Sekjen PKS, caleg DPR dapil Sulsel I), pelaku poligami.

  9. Zulikifliemansyah (Waka FPKS caleg DPR RI dapil Banten), pelaku poligami.

  10. Effendi Choirie (caleg PKB), pendukung poligami karena menolak revisi PP No 45 tahun 1990, revisi PP No 10 tahun 1983 tenyang izin perkwainan dan perceraian bagi PNS.

  11. AM Fatwa dari PAN (Wakil Ketua MPR, calon anggota DPD Jakarta), pelaku poligami.
Satu hal yang sangat disayangkan dari Daftar Caleg Berpoligami yang di keluarkan oleh Solidaritas Perempuan Indonesia adalah kenapa dari daftar hanya berisi sedikit caleg yang berpoligami. Padahal jumlah caleg yang ada sangat banyak terlaebih lagi pada daftar itu hanya berisi dari 4 partai politik (parpol) saja (PPP, PKS, PKB, dan PAN). Hal ini tentunya selain menunjukkan bahwa SPI bekerja tidak profesional juga memberi kesan bahwa SPI sengaja 'mengincar' parpol tertentu saja, mengingat PPP dan PKS memegang porsi terbesar dalam daftar caleg poligami.

Berikut ini tanggapan dari berbagai pihak mengenai Daftar Caleg Berpoligami :

Presiden PKS Tifatul Sembiring
Menurut Presiden PKS Tifatul Sembiring, tidak ada kaitan langsung antara pesoalan poligami dengan pemilu. Yang harus dilakukan partai adalah mencari solusi penyelesaian masalah paling penting seperti persoalan kemiskinan, penganguran, kedaulatan ekonomi, penanganan kesehatan dan pendidikan.

"Terus orang ngomong soal kawin lari, ada yang kawin lagi seperti Syekh Puji, saya tidak perduli persoalan itu. Itu bukan persoalan Partai. Kalau dia salah hukum saja, Partai tidak mengurusi soal-soal itu. Apa kaitan pemilu dengan poligami?" tanya Tifatul usai kampanye di Lapangan Merdeka Balikpapan,Kaltim.


Sekjen PKS Anis Matta
Secara terpisah, Sekjen PKS Anis Matta menanggapi miring isu poligami yang digulirkan SPI tersebut. Menurut dia, gerakan itu berbau kepentingan politis menjelang pemilu. ”Namun, PKS tak merasa terserang, kami juga yakin isu tersebut tidak akan mempengaruhui suara PKS. Isu sudah usang,” tegas Anis.

Menurut dia, masyarakat Indonesia saat ini sudah cukup cerdas untuk bisa membedakan masalah pribadi dan yang bukan. Poligami adalah masalah pribadi yang tidak pantas dibawa ke ranah publik. ”Ini menunjukkan betapa tidak dewasanya mereka dalam berpolitik. Jangan mencampurbaurkan hal yang bersifat pribadi dengan politik,” katanya.

Secara aturan, tidak ada larangan bagi caleg ataupun anggota dewan, sebagaimana aturan bagi pejabat negara, untuk melakukan poligami. Hingga saat ini, larangan itu hanya berlaku bagi para pegawai negeri sipil (PNS) saja

Wasekjen PKS Fahri Hamzah
"Itu pasti politis karena itu kan soal pribadi yang tak perlu diumbar dan dikait-kaitkan dengan persoalan negara," ujar Wasekjen PKS Fahri Hamzah.

Fahri secara tegas menyatakan, isu poligami itu sebagai bagian dari upaya kampanye hitam (black campaign). Sebab, isu poligami yang akan diumumkan Koordinator SPI Yeni Rosa Damayanti, merupakan isu yang tidak substansial yang tidak ada hubungannya dengan rakyat.

Menurut Fahri, selama poligami itu legal, tidak seharusnya diumumkan dan dipermasalahkan. "Soekarno saja pendiri bangsa sampai hari ini dihormati. Urusan pribadinya tidak diganggu-ganggu. Padahal kan beliau juga berpoligami," ungkapnya
Wakil Ketua Umum PPP Chozin Chumaidy
"Tidak apa-apa silahkan saja. Poligami itu kan sah, tidak dilarang dalam Islam, poligami itu tidak akan meruntuhkan kredibilitas laki-laki kok," ujar Wakil Ketua Umum PPP Chozin Chumaidy.

"Di kalangan wanita muslimah itu sudah tahu benar bahwa poligami itu dibolehkan dalam Islam. Pemilih muslim sekarang ini sudah mulai cukup cerdas, mereka sudah paham kalau poligami itu bukan perbuatan jahat," ungkapnya.

Politisi PKS Hidayat Nur Wahid
Protes keras pun datang dari politisi PKS Hidayat Nur Wahid. Bahkan dia menilai ada yang menunggangi acara ini.

"Ini ditungangi untuk mencitra negatifkan PKS agar tidak dipilih," kata Hidayat di sela-sela kampanye PKS, dalam perjalanan dari Tegal, Jawa Tengah menuju Indramayu, Jawa Barat, Minggu (29/3/2009). Hidayat secara tegas menyatakan bila pengumuman itu merupakan upaya black campaign bagi PKS, alasannya karena secara terbuka dari belasan nama, beberapa orang adalah PKS.

"Mereka poligami tidak melanggar hukum. Dan Anda boleh tanya kepada istri-istri mereka, apakah mereka dizalimi, tertekan, dan tertindas?" jelasnya.
Ketua MUI Kota Medan Prof HM Hatta
Sepanjang memiliki tingkat ketaqwaan yang tinggi dan akhlakul karimah, Caleg yang berpoligami sah-sah saja untuk dipilih oleh rakyat.

"Selagi tidak menyalahi peraturan perundang-undangan negara, sah-sah saja Caleg yang berpoligami itu dipilih oleh rakyat", kata Ketua MUI Kota Medan Prof HM Hatta.

Hatta menyebutkan, tidak ada hubungan antara poligami dengan kepemimpinan, sebab masalah poligami adalah masalah peraturan. "Pantas atau tidaknya Caleg itu dipilih, tergantung apakah dia melanggar peraturan atau tidak", katanya.

Disebutkan, UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan saat ini sedang digugat terkait nikah siri, karena terlalu ketatnya perbatasan pernikahan, akhirnya orang mencari jalan melemahkan salah satu aturan.

"Boleh-boleh saja nikah siri dilakukan, sepanjang cukup syarat dan rukunnya dan mendapat izin dari istri pertama", sebutnya.


Profil Yeni Rosa Damayanti :
Yeni Rosa Damayanti
Nama : Yeni Rosa Damayanti

Usia : 41 (kelahiran 1968)

Pendidikan : Jurusan Biologi Universitas Nasional (UNAS)

Keterangan : Yeni Rosa Damayanti sempat mendekam dalam penjara selama enam bulan bersama 21 mahasiswa lainnya yang menuntut agar MPR menyeret Presiden Soeharto ke depan Sidang Istimewa MPR 1995. Dia juga sempat dipersulit untuk memperpanjang paspornya sewaktu berada di Belanda pada tahun 1998.


Profil "Solidaritas Perempuan Indonesia" :
Solidaritas Perempuan (SP) di dirikan pada 10 Desember 1990 Pada awalnya berbadan hukum Yayasan dan pada 1 April 1993 berubah menjadi organisasi perserikatan dengan keanggotaan individu.

Established in 1990, Solidaritas Perempuan (Women's Solidarity for Human Rights) works to promote gender equality, non-violence, non-discrimination and ecological justice for female migrant workers, tsunami victims and other groups of marginalized women.

http://www.ajws.org/where_we_work/asia/indonesia/solidaritas_perempuan.html



0

Sesama Pendukung Caleg Partai Demokrat Tawuran di Gresik

- Keributan pada sesi kampanye damai kembali terjadi. Keributan kali ini terjadi pada saat partai Demokrat berkampanye di Lapangan Sidayu, Gresik, Jawa Timur. Akibatnya, kampanye sempat dihentikan sementara untuk menenangkan massa.

Satu hal yang sangat disayangkan keributan yang berujung tawuran ini justru melibatkan sesama pendukung calon anggota legislatif Partai Demokrat di daerah pemilihan Gresik 2. Terlebih lagi penyebab tawuran sesama pendukung kader partai Demokrat ini hanya soal sepele. Hanya karena saling senggolan saat berjoget dangdut. Sepertinya, suasana panas persaingan memperebutkan massa di dapil yang sama inilah yang mengakibatkan senggolan joget dangdut segera berubah menjadi tawuran.
Tawuran berakhir setelah polisi menahan beberapa orang yang dicurigai pemicu tawuran. Setelah suasana mereda, kampanye kembali dilanjutkan dengan goyangan musik dangdut lagi



2

Kampanye Damai PKS di Manado Ricuh

- Kampanye Damai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara pada Kamis (26/3/2009) berakhir ricuh. Namun mengenai penyebab pemicu kericuhan yang berbuntut perkelahian itu masih terjadi simpang siur. Baik penyebabnya maupun siapa yang berkelahi masih belum jelas.
Kampanye Damai PKS di Manado Ricuh
Beberapa media terkemuka (VIVAnews & Okezone) menyebutkan bahwa kericuhan itu bermula saat salah satu calon legislatif memberikan orasi. Pembawa acara kampanye itu, Hasan, kemudian memanggil nama caleg itu tanpa embel-embel 'bapak.' Satuan tugas PKS yang mendengar hal itu langsung menganiaya Hasan. Akibatnya, perkelahian pun tak bisa dielakkan.

Sedangkan sumber lainnya (Metrotvnews) mengatakan bahwa kericuhan ini melibatkan antara satgas PKS dan pendukung keluarga caleg PKS yang baru saja selesai berorasi. Tanpa sebab yang jelas, adik sang caleg tersebut menendang seorang satgas yang tengah berjaga. Sehingga, belasan pendukung caleg PKS lainnya yang melihat situasi tersebut, ikut bereaksi mengeroyok satgas tersebut. Kericuhan berhasil diredakan setelah polisi turun tangan mengamankan satgas naas itu.

Metrotvnews.com, Manado: Kericuhan masih terus mewarnai kampanye terbuka di sejumlah daerah. Kali ini, terjadi dalam kampanye Partai Keadilan Sejahtera di Manado, Sulawesi Utara. Kericuhan ini melibatkan antara satgas PKS dan pendukung keluarga caleg PKS yang baru saja selesai berorasi.

Tanpa sebab yang jelas, adik sang caleg tersebut menendang seorang satgas yang tengah berjaga. Sehingga, belasan pendukung caleg PKS lainnya yang melihat situasi tersebut, ikut bereaksi mengeroyok satgas tersebut. Kericuhan berhasil diredakan setelah polisi turun tangan mengamankan satgas naas itu.(FHD)


VIVAnews & Okezone - Kampanye Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di lapangan Ketang Baru, Manado, Sulawesi Utara berujung kericuhan. Perkelahian sesama simpatisan pun tak terelakkan.

Kericuhan ini bermula saat salah satu calon legislatif memberikan orasi. Pembawa acara kampanye itu, Hasan, kemudian memanggil nama caleg itu tanpa embel-embel 'bapak.'

Satuan tugas PKS yang mendengar hal itu langsung menganiaya Hasan. Akibatnya, perkelahian pun tak bisa dielakkan.

Korban Hasan itu pun diamankan polisi. Pasalnya, puluhan satgas PKS dan ratusan massa PKS lainnya mengejar dia. Aparat dari Poltabes Manado sempat kewalahan saat meredam emosi massa PKS yang terus mengejar korban.

Namun akhirnya korban, berhasil diamankan oleh satuan polisi dan langsung dibawa ke Mapoltabes Manado. Meski demikian, kampanye kemudian dilanjutkan dengan penjagaan lebih ketat.



8

Asrianty Puwantini Caleg PDS Penuh Kontroversi

- Asrianty Puwantini sedang melawan arus dengan mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI lewat Partai Damai Sejahtera (PDS). Berbekal misi memperjuangkan pluralisme, wanita kelahiran Jakarta 47 tahun silam ini mantap memilih Partai Damai Sejahtera (PDS) sebagai kendaraan politik menuju Senayan. Dia beralasan, hanya PDS satu-satunya partai yang konsisten memperjuangkan pluralisme dan perlakuan nondiskrimatif terhadap kelompok minoritas.
Asrianty Puwantini Caleg PDS Yg Penuh KontroversiDia mengaku kecewa dengan segelintir umat Islam yang berusaha memaksakan kehendak menerapkan syariat Islam sebagai bagian dari produk hukum Indonesia. Menurutnya, ada banyak nilai-nilai ajaran Islam yang lebih universal yang semestinya menjadi prioritas. Setiap warga, kata Arianty, harus bisa menyadari status, hak, dan kewajibannya sebagai warga negara yang dilindungi, dijamin dan dibatasi oleh peraturan hukum yang bersumber dari Pancasila dan UUD 1945.

Asrianty yang pada maju melalui dapil Jatim V mengaku sempat mendapat banyak hujatan dari calon konstituennya saat berkampanye.
"Hujatan mah sudah sering saya dapatkan. Malah saya disuruh istighfar, katanya dosa-dosa orang yang memilih ibu akan ibu tanggung," kata Asrianty.
Namun demikian, berbagai hujatan yang Asrianty dapat justru tidak melemahkan anggota dewan penasihat PDS ini. Wanita yang mengaku pernah belajar semua ajaran agama ini sepertinya sudah sangat yakin dengan langkah yang ia ambil.

Asrianty Puwantini Caleg PDS dapil Jatim V
"Salib itu kan perlambang hablumminallah dan hablumminannas seperti di Islam. Dan salib itu juga lambang berserah diri, yang juga menjadi salah satu hakikat ajaran Islam," jelasnya.
Wanita kelahiran Jakarta 7 April 1961 ini juga membantah kalau kehadirannya di PDS karena alasan pragmatis agar partai ungu ini bisa meluaskan sayapnya menarik suara di luar umat Nasrani.
"PDS lebih sesuai dengan visi dan misi saya tentang pluarisme agama," kata wanita yang mengaku mengurungkan niatnya maju dari Golkar ini.
Sejak tahun 2008, jelas Asrianty, PDS sudah menjadi partai terbuka yang berlandaskan Pancasila. PDS juga memperjuangkan kerukunan, kebebasan beragama dan antidiskriminasi. Di jajaran anggota dewan pensihat pun, PDS menempatkan orang-orang dari latar belakang agama yang berbeda.
"PDS tidak padang bulu membela yang terdiskriminasi, apapun agamanya," tandasnya.

1

Kampanye Capres Lewat Facebook

- Kisah sukses Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjaring simpati publik Negeri "Paman Sam" melalui jejaring sosial Facebook, ternyata mulai diikuti sejumlah calon presiden (capres) negeri ini.


Salah satu faktor penentu kemenangan Barack Obama dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat, awal November lalu, adalah berhasil menggaet pendukung di dunia maya. Selain membuat situs barackobama.com, ia juga mendekatkan diri dengan pendukungnya melalui banyak situs, termasuk situs jejaring sosial, salah satunya Facebook.

Berkaca kepada pengalaman pemilihan presiden AS tersebut, media alternatif seperti situs pribadi, portal video YouTube, portal jaringan Facebook, atau pesan layanan singkat memang sangat memengaruhi pencitraan kandidat.

Menghadapi Pemilu 2009, para bakal calon presiden di Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Mereka semua memanfaatkan Facebook. Bagi pengguna Facebook, coba saja ketik nama bakal capres yang sekarang ini banyak bermunculan di media, pasti nama mereka dapat ditemukan.

Tentu saja, jangan bayangkan para kandidat capres itu bakal bersusah payah memutakhirkan data, mengisi wall atau menjawab berbagai pesan dari kita. Pastilah para kandidat capres memiliki tim Facebook yang kerjanya khusus mengelola situs tersebut.

Anggota DPR pun banyak yang memiliki akun di Facebook. Bahkan, ada beberapa anggota legislatif yang setiap saat memutakhirkan informasi di Facebook, seolah-olah hal itu menjadi pekerjaan utamanya.

Seorang pengamat, Payne, mengingat bagaimana pada awal kemunculannya Obama tidak diperhitungkan dalam kancah persaingan pemilihan presiden AS.

”Kalau Anda bertanya kepada saya pada tahun lalu, siapa yang akan memenangi pemilihan presiden AS, jawaban saya pasti Hillary Clinton. Namun, Barack Obama yang mampu memobilisasi dukungan jurnalis, menggunakan media alternatif secara cemerlang, mampu membalik keadaan itu dan sekarang terpilih menjadi presiden,” katanya.
Payne menyatakan bagaimana Obama memanfaatkan portal jaringan Facebook. ”Di Facebook, Obama memiliki 300.000 teman yang terhubung langsung. Sementara Hillary hanya memiliki 30.000 teman,” katanya.

Kelebihan Obama lainnya, lanjut Payne, adalah ia mahir berpidato dan memainkan isu strategis yang diinginkan pemilih muda. Obama juga mahir bekerja sama dengan jurnalis untuk membentuk pencitraan dirinya dan meyakinkan publik bahwa dirinyalah yang layak menjadi presiden AS. Payne menambahkan, Obama orang yang kredibel. Sejak lama ia bekerja di kalangan akar rumput, melakukan advokasi dan menggalang dukungan dari kalangan akar rumput.

Obama juga konsisten menolak perang. Ia memiliki nama dan latar belakang yang menarik perhatian. Ia memiliki segala kelebihan itu. ”Akan tetapi, siapa yang akan menyebarluaskan jati diri Obama yang bagus itu? Apa yang terjadi jika tidak ada jurnalis? Obama sadar betul akan hal itu, dan sejak awal ia membangun tim kampanye dan tim media yang sangat bagus,” katanya.

Payne mencontohkan bagaimana kerja sama jurnalis dan Obama mampu membentuk citra Obama sebagai orang baru, muda, dan membawa perubahan.
”Bayangkan bagaimana Obama mendeklarasikan pencalonannya di Springfield, Illinois. Di podium yang sama, tahun 1858, Abraham Lincoln mendeklarasikan penghentian perbudakan, emansipasi orang keturunan Afrika di AS, dan perlakuan sama di depan hukum bagi semua orang di AS. Orang mengenang Lincoln sebagai seorang senator, muda, dan membawa perubahan pada masa sulit karena terjadi perang saudara. Obama adalah seorang senator, muda, dan menjanjikan perubahan pada masa sulit setelah terjadi perang Irak,” kata Payne.
Berikut ini Facebook para Capres (Diurutkan berdasar jumlah penggemar) :
  1. Susilo Bambang Yudhoyono
    http://www.facebook.com/pages/Susilo-Bambang-Yudhoyono/34617474664?ref=s
    83.600 Penggemar

  2. Hidayat Nur Wahid
    http://www.facebook.com/pages/Hidayat-Nur-Wahid/17701687148?ref=s
    17.457 Penggemar

  3. Prabowo Subianto
    http://www.facebook.com/pages/Prabowo-Subianto/23383061178?ref=s
    15.247 Penggemar

  4. Sri Sultan Hamengku Buwono X
    http://www.facebook.com/pages/Sri-Sultan-Hamengku-Buwono-X/30219758709?ref=s
    11.826 Penggemar

  5. Amien Rais
    http://www.facebook.com/pages/Amien-Rais/44774310086?ref=s
    5.259 Penggemar

  6. Gus Dur
    http://www.facebook.com/pages/Gus-Dur/10847543153?ref=s
    2.934 Penggemar

  7. Jusuf Kalla
    http://www.facebook.com/pages/Jusuf-Kalla-For-President/77306705516?ref=s
    2.614 Penggemar

  8. Wiranto
    http://www.facebook.com/pages/Wiranto/76737235407?ref=s
    1.293 Penggemar

  9. Megawati Soekarnoputri
    http://www.facebook.com/pages/Megawati-Soekarnoputri/37975304982?ref=s
    1.193 Penggemar

  10. Soetrisno Bachir
    http://www.facebook.com/pages/Soetrisno-Bachir/22740668148
    849 Penggemar

  11. Fadjroel Rachman
    http://www.facebook.com/people/Fadjroel-Rachman/1341211906


Pengguna internet di AS memang belum bisa dibandingkan dengan pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan data di situs internetworldstats.com, pengguna internet di AS pada tahun 2008 adalah 220.141.969 orang dari 303.834.646 penduduk atau 72,5 persen. Sedangkan pengguna internet di Indonesia, dari total penduduk 237.512.355 jiwa, hanya 10,5 persennya. Namun, jumlah itu pun tidak bisa dikatakan sedikit, yaitu 25 juta orang.



3

Saldo Awal Parpol Peserta Pemilu 2009

- Memasuki masa kampanye rapat umum, pekan lalu semua parpol peserta politik sudah menyerahkan laporan rekening saldo awal mereka.

Saldo Awal Parpol Peserta Pemilu 2009
Partai Gerindra menjadi partai 'terkaya' versi KPU berdasarkan jumlah saldo awal rekening kampanye yang dilaporkan. Sedangkan PNI Marhaenisme menjadi partai 'termiskin' dengan jumlah saldo hanya ratusan ribu rupiah saja.

Berdasarkan hasil rekapitulasi laporan dana kampanye partai yang telah diterima oleh KPU, saldo rekening kampanye Gerindra berada di urutan pertama dengan jumlah Rp 15,695 miliar. Dana itu disimpan partai yang disokong Prabowo itu di di salah satu bank swasta di bilangan Jakarta Pusat.

Sementara Partai Demokrat menyusul di posisi kedua dengan jumlah dana kampanye sebesar Rp 7,027 miliar. Berikutnya ada PKS dengan laporan dana sebesar Rp 5,2 miliar. Sementara partai yang memiliki dana kampanye terkecil adalah PNI Marhaenisme pimpinan Sukmawati Soekarnoputri dengan saldo awal hanya Rp 670 ribu.

Berikut ini daftar 38 parpol peserta :

  1. Partai Hanura .................................................. Rp 5 Miliar
  2. Partai Karya Peduli Bangsa ............................. Rp 102 juta
  3. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia ....... Rp 16 juta
  4. PRN .................................................................. Rp 77,5 juta
  5. Gerindra ........................................................... Rp 15 Miliar
  6. Barnas ............................................................... Rp 1 miliar
  7. PKPI .................................................................. Rp 1,5 juta
  8. PKS .................................................................... Rp 5,2 miliar
  9. PAN ................................................................... Rp 734 juta
  10. Partai Perjuangan Indonesia Baru .................. Rp 226 juta
  11. Partai Kedaulatan ............................................. Rp 2,5 juta
  12. PPD .................................................................... Rp 50 juta
  13. PKB .................................................................... Rp 1,5 miliar
  14. Partai Pemuda Indonesia ................................. Rp 19 juta
  15. PNI Marhains ................................................... Rp 670 ribu
  16. PDP .................................................................... Rp 1,8 juta
  17. Partai Karya Perjuangan .................................. Rp 1 juta
  18. Partai Matahari Bangsa ................................... Rp 50 juta.
  19. PPDI .................................................................. Rp 20 juta
  20. PDK ................................................................... Rp 4,1 juta.
  21. Partai Republik Nusantara .............................. Rp 1,9 juta
  22. Partai Pelopor ................................................... Rp 5 jt
  23. Partai Golkar .................................................... Rp 156 juta.
  24. PPP .................................................................... Rp 1,6 miliar
  25. PDS .................................................................... Rp 2 juta
  26. PNBKI ............................................................... Rp 5 juta.
  27. PBB .................................................................... Rp 5 juta
  28. PDI Perjuangan ................................................ Rp 1 miliar
  29. PBR ................................................................... Rp 340 juta
  30. Patriot ............................................................... Rp 1 miliar
  31. Demokrat .......................................................... Rp 7,2 miliar
  32. PKDI .................................................................. Rp 54 juta
  33. PIS ..................................................................... Rp 100 juta
  34. PKNU ................................................................ Rp 1,1 juta
  35. Partai Merdeka ................................................. Rp 75 juta
  36. PPNUI .............................................................. Rp 879 juta
  37. Partai Serikat Indonesia .................................. Rp 6 juta
  38. Partai Buruh .................................................... Rp 16 juta
Parpol Dengan Saldo Awal Tertinggi:
  1. Gerindra ........................................................... Rp 15 Miliar
  2. Demokrat .......................................................... Rp 7,2 miliar
  3. PKS .................................................................... Rp 5,2 miliar
  4. Partai Hanura .................................................. Rp 5 Miliar
  5. PKB .................................................................... Rp 1,5 miliar
  6. PDI Perjuangan ................................................ Rp 1 miliar
  7. Patriot ............................................................... Rp 1 miliar

Parpol Dengan Saldo Awal Terendah:
  1. PNI Marhains ................................................... Rp 670 ribu
  2. Partai Karya Perjuangan .................................. Rp 1 juta
  3. PDP .................................................................... Rp 1,8 juta

2

Free Download 5 Menit Untuk 5 Tahun MP3

- Jika pada posting saya sebelumnya () saya sudah menampilkan berita mengenai cokelat band yang meluncurkan single "5 Menit untuk 5 Tahun". Maka pada kesempatan kali ini saya akan menampilkan video youtube lagu "5 Menit untuk 5 Tahun" sekaligus link download mp3 "5 Menit untuk 5 Tahun".

Cokelat Band Luncurkan Single 5 Menit Untuk 5 Tahun
Menurut saya lagu ini sangat bagus dan nyaman untuk didengarkan. Isi pesan yang ingin disampaikan pun cukup jelas dan gampang dimengerti. Diiringi irama pop-rock single "5 Menit untuk 5 Tahun" karya cokelat band ini sungguh patut mendapat acungan jempol. Semoga saja cokelat band terus maju dan berjaya serta tidak pernah bosan untuk membuat lagu-lagu yang bernuansa nasionalis. Salut untuk Cokelat Band !!

Berikut ini adalah video lagu "5 Menit Untuk 5 Tahun" karya Cokelat Band :



Berikut ini adalah lirik lagu "5 Menit Untuk 5 Tahun" karya Cokelat Band :
Ayo semua kita memilih,

Yang terbaik untuk negri ini

5 menit kita memilih,

5 tahun kan kita jalani

Jangan hanya menjadi putih.

Suara kita sangat berarti

Memilihlah untuk Indonesia

(pilih yang terbaik)


Berikut ini link download lagu cokelat band - 5 Menit Untuk 5 Tahun - MP3 - 2.4 MB :

0

Download DCT DPD Pemilu 2009

- Jika pada postingan saya sebelumnya () saya sudah memposting DCT DPR Pemilu 2009, maka pada kesempatan kali ini saya akan memposting DCT DPD Pemilu 2009.
Logo DPD RI
Semua Daftar dalam format PDF dan semua daftar berisi semua parpol peserta .
Catatan :
  • Untuk Download, Klik Link yang Anda inginkan
  • Tunggu proses loading beberapa saat. (Agak sedikit lama)
  • Akan muncul link file PDF yang siap Anda download.
  • Jika Anda mengalami kesulitan atau link download mati mohon segera beritahukan saya dengan cara meninggalkan komentar. Terima Kasih.

Download DCT DPD Pemilu Indonesia 2009 :
  1. Download DCT DPD Nanggroe Aceh Darussalam
  2. Download DCT DPD Sumatera Utara
  3. Download DCT DPD Sumatera Barat
  4. Download DCT DPD Riau
  5. Download DCT DPD Jambi
  6. Download DCT DPD Sumatera Selatan
  7. Download DCT DPD Bengkulu
  8. Download DCT DPD Lampung
  9. Download DCT DPD Bangka Belitung
  10. Download DCT DPD Kepulauan Riau
  11. Download DCT DPD DKI Jakarta
  12. Download DCT DPD Jawa Barat
  13. Download DCT DPD Jawa Tengah
  14. Download DCT DPD DI Yogyakarta
  15. Download DCT DPD Jawa Timur
  16. Download DCT DPD Banten
  17. Download DCT DPD Bali
  18. Download DCT DPD Nusa Tenggara Barat
  19. Download DCT DPD Nusa Tenggara Timur
  20. Download DCT DPD Kalimantan Barat
  21. Download DCT DPD Kalimantan Tengah
  22. Download DCT DPD Kalimantan Selatan
  23. Download DCT DPD Kalimantan Timur
  24. Download DCT DPD Sulawesi Utara
  25. Download DCT DPD Sulawesi Tengah
  26. Download DCT DPD Sulawesi Selatan
  27. Download DCT DPD Sulawesi Tenggara
  28. Download DCT DPD Gorontalo
  29. Download DCT DPD Sulawesi Barat
  30. Download DCT DPD Maluku
  31. Download DCT DPD Maluku Utara
  32. Download DCT DPD Papua
  33. Download DCT DPD Papua Barat


1

Download DCT DPR Pemilu 2009

- Berikut ini adalah daftar Caleg DPR RI pada Pemilu 2009. Daftar ini dikenal juga dengan nama Daftar Calon Tetap (DCT) DPR Pemilu 2009. Semua Daftar dalam format PDF dan semua daftar berisi semua parpol peserta .
Logo DPR RI

Download DCT DPR Pemilu 2009 :
Catatan :
  • Untuk Download, Klik Link yang Anda inginkan
  • Tunggu proses loading beberapa saat. (Agak sedikit lama)
  • Akan muncul link file PDF yang siap Anda download.
  • Jika Anda mengalami kesulitan atau link download mati mohon segera beritahukan saya dengan cara meninggalkan komentar. Terima Kasih.
  1. Nanggroe Aceh Darussalam - NAD

  2. Sumatera Utara - SUMUT
  3. Sumatera Barat - SUMBAR

  4. Riau - Riau
  5. Jambi - Jambi
    Download Caleg DPR Jambi - Jambi
  6. Sumatera Selatan - SUMSEL
  7. Bengkulu - Bengkulu
    Download Caleg DPR Bengkulu - Bengkulu
  8. Lampung - LAMPUNG
  9. Bangka Belitung - Bangka Belitung
    Download Caleg DPR Bangka Belitung - Bangka Belitung
  10. Kepulauan Riau - Kepulauan Riau
    Download Caleg DPR Kepulauan Riau - Kepulauan Riau
  11. DKI Jakarta - DKI Jakarta
  12. Jawa Barat - Jawa Barat
  13. Jawa Tengah - Jawa Tengah
  14. DI Yogyakarta - Yogyakarta
    Download Caleg DPR DI Yogyakarta - Yogyakarta
  15. Jawa Timur - Jawa Timur
  16. Banten - Banten
  17. Bali - Bali
    Download Caleg DPR Bali - Bali
  18. Nusa Tenggara Barat - NTB
    Download Caleg DPR Nusa Tenggara Barat - NTB
  19. Nusa Tenggara Timur - NTT
  20. Kalimantan Barat - Kalbar
    Download Caleg DPR Kalimantan Barat - Kalbar
  21. Kalimantan Tengah - Kalteng
    Download Caleg DPR Kalimantan Tengah - Kalteng
  22. Kalimantan Selatan - Kalsel
  23. Kalimantan Timur - Kaltim
    Download Caleg DPR Kalimantan Timur - Kaltim
  24. Sulawesi Utara - Sulut
    Download Caleg DPR Sulawesi Utara - Sulut
  25. Sulawesi Tengah - Sulteng
    Download Caleg DPR Sulawesi Tengah - Sulteng
  26. Selatan - Sulsel
  27. Sulawesi Tenggara
    Download Caleg DPR Sulawesi Tenggara - Sultra
  28. Gorontalo - Gorontalo
    Download Caleg DPR Gorontalo - Gorontalo
  29. Sulawesi Barat - Sulbar
    Download Caleg DPR Sulawesi Barat - Sulbar
  30. Maluku - Maluku
    Download Caleg DPR Maluku - Maluku
  31. Maluku Utara - Maluku Utara
    Download Caleg DPR Maluku Utara - Maluku Utara
  32. Papua - Papua
    Download Caleg DPR Papua - Papua
  33. Papua Barat - Papua Barat
    Download Caleg DPR Papua Barat - Papua Barat




0

Download Game Pemilu 2009

- Salah satu produsen game di Indonesia yakni www.divinekids.com mencoba memeriahkan dengan meluncurkan GAME PEMILU 2009. Game pemilu 2009 ini memang khusus dibuat untuk menyemarakkan Pemilu Indonesia 2009. Game Pemilu 2009 ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih tahu tentang simbol partai-partai politik yang mengikuti . Game ini tidak memihak salah satu partai manapun.

GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi
Game Pemilu 2009 ini pada dasarnya tidak berbeda dengan game-game yang sudah ada. Cara bermain game ini adalah dengan mencocokkan 2 logo partai politik yang sama. Pada game ini anda diberi pilihan banyak parpol yang akan dicocokkan, ada 3 pilihan: 16, 30, 42 kartu.

Preview GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi - 1Preview GAME PEMILU 2009 : Tampilan halaman awal


Preview GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi - 2Preview GAME PEMILU 2009 : Tampilan pemilihan jumlah kartu


Preview GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi - 3Preview GAME PEMILU 2009 : Tampilan permainan


Preview GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi - 4Preview GAME PEMILU 2009 : Tampilan permainan 2


Preview GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi - 5Preview GAME PEMILU 2009 : Tampilan sewaktu game over


Preview GAME PEMILU 2009 Karya David Setiabudi - 6Preview GAME PEMILU 2009 : Tampilan Top skor

Walaupun game ini secara keseluruhan sangat bagus dan kreatif namun paling tidak saya menemui 2 hal yang cukup mengganggu saya, yakni :
  1. Kartu sewaktu diklik berputarnya tidak cepat
  2. Tidak ada navigasi untuk mengecilkan volume musik

Sekilas Mengenai Game Pemilu 2009 :
======================================
= GAME PEMILU 2009 =
======================================
Versi : 1.00
Buatan : David Setiabudi,S.Sn,AmRO.
Musik : Rama Aurora

Game Pemilu 2009 ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih tahu tentang simbol partai-partai politik yang mengikuti Pemilu 2009. Game ini tidak memihak salah satu partai manapun.

Game ini bebas dicopy-copykan kepada siapa saja dan dapat didownload GRATIS di www.divinekids.com. Game ini TIDAK untuk dikomersialkan tanpa izin tertulis dari David Setiabudi.

Cara memainkan game ini adalah mencari pasangan simbol partai yang kembar dalam banyaknya kartu dilayar. Jika kembar, maka kartu tersebut menghilang, dan nama partai akan timbul di atas beserta lambang partai. Semoga hal ini, dapat membuat pemain game lebih hafal lambang partai peserta Pemilu 2009.

Ada 3 pilihan: 16, 30, atau 42 kartu yang dapat anda mainkan. Misalkan anda sudah menamatkan 42 kartu,anda dapat ke 2 level rahasia...sampai 72 kartu.... Tapi rasanya tidak ada yang sanggup & memiliki ingatan sekuat itu... (kalau curang, mungkin bisa...)
Coba saja :D

Rekor anda akan dicatat "10 PEMAIN TERBAIK".

Mari kita sukseskan PEMILU 2009 ini, tanpa ada keributan, kerusuhan, dan buat nama Indonesia harum.

Dengan Hormat,

David Setiabudi,S.Sn,AmRO.
www.divinekids.com
Link Download GAME PEMILU 2009 :

Profil David Setiabudi :
David Setiabudi,S.Sn,AmRO yang berawal dari pembuat komik Solid Kids melihat komik, animasi, dan game Indonesia yang lemah. Karena senang dalam dunia komik, mulailah David berangan-angan, bagaimana jika karakter yang dibuatnya dapat bergerak? Background David adalah lulusan Fakultas Desain Univ.Tarumanagara (S1), dan Refraksinis Optisien (Kedokteran Optik Mata D3). Akhirnya meski tidak ada backround Tekhnik Informatika, David mencoba belajar sedikit-sedikit tentang pemrograman sederhana.

David sendiri membuat game pesawat "SIEGE" (tahun 1992) dengan program GWBASIC secara underground sewaktu SMA.Game ini dibagikan ke teman-teman sendiri karena hobby. Sewaktu SMA dan sedang membuat game tersebut, David pun mendengar ada game Indonesia, meski tidak melihat secara langsung. Yang dia mainkan adalah game-game asing.

Sewaktu kuliah di ARO Leprindo (D3 Kedokteran Optik Mata), langkah awal meski berat dan diejek-ejek, akhirnya komik Solid Kids yang awalnya underground (dibaca teman-teman kalangan sendiri) bisa diangkat muncul diterbitkan ke umum....Tentunya melalui perjuangan. Di mata David waktu menjadi komikus bahwa komik dan game Indonesia kurang berkembang, kurang bergairah, kurang dikenal masyarakat. David yang merupakan pembuat komik dan game underground merasa geregetan melihat hal ini. Apa yang bisa seorang David lakukan? SMA saja baru lulus....

Bagaimana dengan game? David merasa tidak bisa membuat game kalau kuliah di situ (karena memang tidak diajarkan buat game di kedokteran).Akhrinya mengambil kuliah di FSRD Univ.Tarumanagara, belajar tentang desain sambil mempelajari logika pemrograman. Game undergroundnya yang semula hanya disimpan : DIVINE KIDS bisa terbit dan dibagi ke umum, pertama kali di majalah CHIP. David benar-benar bertekad mulai detik ini untuk membantu mengangkat Game Indonesia yang kurang berkembang. Dia yakin banyak orang bertekad sama mau memajukan game Indonesia.

Setelah beberapa game dibuat, David mulai berpikir untuk membangun fondasi untuk game "Divine Kids" nya. Pertama adalah rasa peduli akan Hukum dan Hak atas Kekayaan Intelektual. Didaftarkanlah karakter-karakter dan logo Divine Kids. Modalnya berasal dari tabungan kerja part timenya semasa kuliah. Mungkin jarang waktu itu orang menciptakan game orisinal ditambah mendaftarkan gamenya ke Ditjen HAKI. David bertekad memajukan game Indonesia mulai detik itu. Dengan strategi marketting dan ilmu desain yang dipelajari di kampus, David mencoba membuat suatu promosi untuk Divine Kids supaya dikenal. Strategi promosi dicari yang bisa mengejutkan dan menarik untuk disimak! Strategi goalnya berharap : Masyarakat Indonesia secara luas tahu Game Indoenesia itu ada!

Semarang, 27 Januari 2005, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan award kepada David "Pembuat Game Pertama di Indonesia (Divine Kids)". Disini disahkan 2 hal secara resmi bahwa David Setiabudi adalah pembuat game pertama Indonesia dan Serial Game Divine Kids sebagai Game Pertama Indonesia. Award diserahkan secara langsung oleh Bpk.Jaya Suparna, pendiri MURI. Dihadiri juga oleh Kak Seto Mulyadi yang mendukung David terus menerus sejak pertama kali skripsi tentang game.